Apakah Indonesia Wajib Militer?

        Menurut  saya, Wajib militer secara spesifik bertujuan membentuk angkatan perang yang dapat segera diterjunkan di medan laga jika benar benar dibutuhkan. Sementara kepanduan, bertujuan membentuk nilai-nilai budi pekerti yang akan sangat berguna bagi para prajurit ketika mereka berperang di medan tempur. Semangat rela berkorban, kesetiakawanan, semangat pantang menyerah yang merupakan hasil dari kegiatan kepanduan merupakan dasar yang diperlukan dalam proses mendidik generasi muda menjadi prajurit-prajurit yang tangguh dan ksatria.

        Jika wajib militer tidak diikuti dengan program lanjutan, maka kegiatan wajib militer itu belum bisa memberikan efek yang sempurna. Harus ada program lanjutan guna mengarahkan semangat juang yang telah ditumbuhkan, bisa jadi diarahkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan non militer, seperti kerja bakti sosial pada masyarakat. Pertemuan-pertemuan berkala antar para alumnus wajib militer bisa membuat terjalinnya silaturahmi dan mudah-mudahan berujung pada kontribusi positif tiap alumnus pada masyarakat melalui aksi maupun kegiatan tertentu.

        Wajib militer bukanlah obat segala penyaki  tapi wajib militer dapat menumbuhkan kembali rasa cinta tanah air, dapat menumbuhkan kembali patriotisme. Lebih baik kita memulai sesuatu ketimbang kita tidak melakukan apapun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Global Village menurut Marshall McLuhan

Kebudayaan Toraja

Minangkabau